Sunday 21 February 2016

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Cuntel Kopeng Salatiga

Advertisement
Gunung Merbabu memiliki empat jalur pendakian yakni jalur Chuntel, Thekelan, Wekas, dan Selo. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan jalur pendakian gunung merbabu dari basecamp cuntel. Cuntel merupakan salah satu jalur pendakian gunung merbabu yang berada diwilayah obyek wisata kopeng kabupaten magelang.

Gunung Merbabu terletak di Jawa Tengah dan memiliki ketinggian sekitar 3142m dpl pada puncak kopeng. Meski jalur pendakian gunung merbabu via selo lebih populer, tetapi jalur lain seperti Cuntel, juga tidak kalah istimewanya. Perjalanan dari jalur Cuntel memiliki medan yang lumayan berat di banding dengan jalur selo. Banyak trek bebatuan menanjak dan licin.

Dari basecamp menuju pos 1 dapat ditempuh sekitar 2-3 jam dengan berjalan santai. Anda akan menjumpai pos bayangan 1 dan 2 di sepanjang perjalanan menuju pos 1 yang dapat anda manfaatkan untuk istirahat sejenak sambil menikmati ditengah-tengah lebatnya hutan pinus merbabu.


Pos 1 tidak terdapat sumber mata air sehingga lebih disarankan para pendaki untuk membawa air yang cukup untuk sampai di pos 2. Pos 1 ini tidak terlalu luas dan hanya cukup untuk mendirikan sekitar 2 tenda. Lebih di sarankan jangan mendirikan tenda di antara pos 1 dan pos 2 karena terdapat banyak hewan-hewan liar seperti monyet dan kawan kawannya.

Peta Cuntel
Pos 1 menuju pos 2 membutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan jalan yang sudah mulai menanjak. Bagi para pendaki yang persediaan airnya sudah mulai menipis, di pos 2 ini terdapat mata air yang dapat di gunakan untuk para pendaki. Pos 2 terdapat lahan yang cukup luas sehingga dapat digunakan untuk mendirikan tenda lebih dari 2.

Dari pos 2 menuju pos 3 perjalanan mulai lebih terbuka dengan medan yang sudah mulai terjal. Untuk menuju pos 3 membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Pemandangan pun sudah mulai sangat indah di sepanjang perjalanan menuju pos 3.

Pos 3 terdapat lahan yang cukup luas untuk para pendaki mendirikan tenda disini. Sumber mata air hanya bisa didapatkan di pos 2. Medan menuju pos 4 akan semakin terjal dari sebelumnya. Terdapat persimpangan jalan arah kiri turun adalah jalur dari Thekelan, diharapkan para pendaki harus ingat jalur mana yang sebelumnya di lalui.

pos 4 pemancar, terdapat Bangunan yang diatasnya ada Tower Pemancar yang sudah tidak terpakai lagi. terdapat beberapa lahan untuk mendirikan tenda di pos pemancar ini. Jika anda kehabisan lahan di pos pemancar anda bisa cari lahan untuk mendirikan tenda di Pos 5 Helpaid. Untuk sampai di pos 5 tidak terlalu membutuhkan waktu lama hanya sekitar 30 menit sudah sampai. Lahan untuk mendirikan tenda di pos 5 ini juga lumayan luas tetapi berbatu.


Selanjutnya adalah puncak. Puncak gunung merbabu terdapat 2 puncak, yakni puncak Syarif dan Puncak Kenteng Songo. Di kedua puncak tersebut tentu memiliki keistimewaan tersendiri. Dari Puncak Kenteng songo anda dapat melihat nampak jelas gunung merapi di depan mata anda dengan gagah dan terdapat beberapa batu menyerupai mangkok. Dari puncak syarif anda akan melihat beberapa pegunungan seperti Gunung andong, Gunung Telomoyo dan gunung ungaran.

Nah diatas adalah beberapa deskripsi tentang jalur pendakian gunung merbabu via cuntel kopeng yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang akan menjelajah keindahan gunung merbabu. Salam Lestari.
Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

2 comments:

  1. banyak temen kayaknya yang habis UN mau manjat ke merbabu wkwk. nice info gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semua gunung bakal rame nanti sehabis selesai UN...

      Delete

Harap berkomentar yang baik dan sopan !