Thursday 27 March 2014

Gunung Sindoro Via Kledung

Advertisement
Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.163 mdpl (meter dari permukaan laut) , Gunung Sindoro memiliki nama lain yang biasa disebut oleh masyarakat seperti Sundoro atau Sendoro. Gunung Sindoro terletak di temanggung, jawa tengah, indonesia , gunung Sindoro terletak berdampindan dengan Gunung Sumbing yang hanya dipisah dengan jalan .Gunung Sindoro menjadi gunung paling favorit bagi para pendaki gunung di jawa tengah. Bentuk yang kerucut bertipe strato terlihat seperti saudara kembar dengan Gunung Sumbing yang bersebelahan. Jalur yang paling Populer bagi pendaki yaitu jalur kledung kecamatan parakan.


Hutan di Gunung Sindoro bertipe Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau Hutan Gunung. saya akan bahas sedikit tentang rute mendaki Gunung Sindoro dari Jalur Kledung .

RUTE KLEDUNG

1. Memasuki Bascamp Kledung alangkah baiknya ijin dulu di Bascamp untuk registrasi. Perjalanan dari bascamp menuju pos 1 memakan waktu sekitar 1,5 jam

3. Selanjutnya anda akan menjumpai hutan pinus dan kebun edelweiss yang sangat menawan.

4. Tiba di pos 1 , anda bisa membeli makanan dulu di sini , tetapi yang jualan hanya buka pada hari-hari tertentu dan juga ada OJEK .

5. Perjalanan diteruskan menuju pos 2 cawang yang berada pada ketinggian 2.120 mdpl. sebelum sampai di pos 2 anda akan menemui persimpangan, sebaiknya ambil jalan yang baik jalur kanan. Perjalanan menuju pos 2 memakan waktu sekitar 1 jam.


6. Menuju pos 3 seroto yang berada pada ketinggian 2.530 mdpl anda akan di sambut pemandangan yang sangat indah. perjalanan cukup terjal dan berbatuan. di pos 3 biasanya dibuat ngecamp bagi para pendaki. dari pos 2 ke pos 3 memakan waktu sekitar 2 jam dengan jalan santai.

7. Menuju ke pos 4 atau Batu Tanah perjalanan akan dilanjutkan dengan melewati berbatuan yang licin jika hujan. perjalanan dari pos 3 menuju pos 4 memakan waktu 1,5 jam.

8. Di pos 4 sebaiknya jangan mendirikan tenda di sini karena angin akan dengan mudah menerjang tenda.

9. Pos 5 padang Edelweiss sekitar 1,5 jam . sebelum mencapai padang Edelweiss pendaki akan melewati hutan lamtoro yang merupakan perbatasan padang Edelweiss.

10. Dan selanjutnya puncak , anda akan melihat pemandangan yang sangat indah dan di depan mata nampak Gunung Sumbing dengan jelas, anda juga dapat menikmati pemandangan pegunungan Dieng dan sekitarnya. Segala capek , letih, lesu akan hilang jika sudah mencapai puncak.

Sekiranya itu saja yang dapat saya sampaikan tentang gunung Sindoro Via Kledung dan semoga bermanfaat bagi anda semua yang akan mendaki Gunung Sindoro.

    Advertisement
    Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

    7 comments:

    1. Turun dari Sindoro di perjalanan dari pos 1 ke basecamp ada ojeg juga, dalam hati bisa gak ngojeg sampai puncak he he

      ReplyDelete
    2. iya bener bang kalo turun di pos 1 ada ojek. tapi kalau naik sampe puncak ya kagak bisa lah.... hehehe. makasih mas iyok sudah mampir.

      ReplyDelete
    3. Mas. Mata air d sindoro ada gk ya?
      Kalo d pos 5 bs mendirikan tenda?
      Maaf bnyk nanya mas. Hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mata air di gunung sindoro tidak ada mas. Kalaupun ada pasti untuk mendapatkannya sulit. Kalau di pos 5 untuk mendirikan tenda kayaknya tidak boleh mas karena udah jaraƱg pohon ataupun tebing untuk menghalu angin, jadi tidak disarankan mendirikan tenda di pos 5. Terimakasi udah nampir masbro. Salam lestari. :)

        Delete
    4. Bc sindoro kledung tepatnya dimn y, kledung kn pjg mz, sopir bus dr purwokerto tau g y
      Mksh

      ReplyDelete
    5. Bc sindoro kledung tepatnya dimn y, kledung kn pjg mz, sopir bus dr purwokerto tau g y
      Mksh

      ReplyDelete
      Replies
      1. Naik bus jurusan wonosobo aja gan. Pasti sopir busnya tahu... thanks.

        Delete

    Harap berkomentar yang baik dan sopan !