Tuesday 5 January 2016

Info Gunung Ungaran

Advertisement
Mendaki Gunung mempunyai tahap-tahapan yang harus diperhatikan mulai dari gunung yang akan didaki sampai persiapan fisik dan mental .bagi anda pendaki pemula anda bisa mencoba mendaki Gunung Ungaran. berikut saya akan memberikan sedikit informasi mengenai gunung ungaran.

Gunung Ungaran, adalah gunung berapi yang berada di pulau jawa indonesia. terletak di sebelah selatan-barat daya kota semarang dengan jarak sekitar 40km , tepatnya berada di kabupaten semarang, gunung ini mempunyai ketinggian 2.050mdpl , gunung ini termasuk gunung yang bertipe strato. gunung ungaran mempunyai 3 puncak yakni puncak gendol, botak, ungaran dan puncak tertingginya adalah ungaran.

Tidak ada catatan yang jelas mengenai aktifita gunung ini. namun, pada zaman kerajaan dahulu gunung ini pernah di perkirakan meletus, dengan letusan yang amat dahsyat sehingga menghancurkan dua pertiga bagian puncak dari semula sehingga yang dapat dilihat sekarang adalah sepertiga bagian dari gunung ungaran. diperkirakan gunung ini sedang mengalami masa tidur yang amat panjang tetapi sewaktu-waktu akan mengalami keaktifan kembali.


Gunung Ungaran mempunyai tiga jalur pendakian yaitu jalur Jimbaran, Gedong Songo, dan jalur Medini dari ketiga jalur tersebut yang paling populer didaki para mendaki yaitu jalur jimbaran. jika anda mendaki gunung ini dari jalur gedung songo akan memakan waktu sekitar 5 jam. kalau anda mendaki gunung ini dari jalur jimbaran maka akan memakan waktu 8 jam .

Disepanjang perjalanan anda akan menjumpai sebuah dusun yang berada di ketinggian sekitar kurang lebih 1000mdpl yang berada di pertengahan kebun teh dengan jumlah rumah sekitar 25 rumah. terdapat Goa Jepang di perkebunan teh, goa ini dibuat pada masa penjajahan jepang dan menjadi tempat persembunyian tentara jepang pada masa perang dunia ke2. Goa ini memiliki 3 buah pintu masuk yang berfungsi untuk ventilasi udara.Sekian sedikit penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mendaki gunung ungaran.
Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

1 comment:

Harap berkomentar yang baik dan sopan !