Wednesday 17 February 2016

Jalur Pendakian Gunung Merapi Via Selo

Advertisement
Jalur pendakian gunung merapi terdapat tiga jalur, yakni jalur Babadan, jalur Kineharjo, dan jalur Selo. Tetapi kini jalur babadan dan kineharjo sudah ditutup dikarenakan jalur akses perjalanan para pendaki sudah hilang yang diakibatkan oleh bencana letusan gunung merapi yang amat sangat dahsyat. Sedangkan untuk jalur pendakian gunung merapi via Selo sampai sekarang masih bisa akses untuk para pendaki. Selo adalah sebuah desa di kabupaten boyolali yang bisa dibilang letaknya diapit oleh Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Nama basecamp di gunung merapi yaitu Barameru. Pendakian Gunung merapi dimulai dari basecamp dangan jalan beraspal sampai menuju sebuah tempat yang bertuliskan New Selo, bisa dikatakan gerbang sesungguhnya pendakian ke gunung merapi.


Mulai Pendakian

1. Dari basecamp menuju gerbang pendakian New Selo memakan waktu sekiatar 30 menit. Seperti yang sudah saya katakan di awal yaitu jalan menuju gerbang New Selo masih aspal.

Jalur Merapi2. Dilanjutkan menuju Pos bayangan 1 yang disebut Selokopo Ngisor, jalanan sudah mulai tanah padat dan disertai ladang perkebunan milik penduduk sekitar. Perjalanan menuju pos 1 memakan waktu sekitar 2 jam dengan jalan santai. Untuk awal perjalanan jangan terlalu tergesa-gesa, nikmati saja dulu apa yang ada disepanjang perjalanan menuju pos 1. Terdapat dua shelter yang bisa dipakai istirahat untuk para pendaki yang telah sampai di pos 1 ini.

3. Menuju Pos 2, membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam dengan medan yang sudah mulai menanjak, dan terdapat pula shelter di pos 2 ini untuk beristirahat.

4. Menuju Pasar Bubrah, medan yang harus dilalui sudah mulai bebatuan. Pendaki diharapkan untuk berhati-hati, jika setelah turun hujan jalan yang berbatu akan menjadi licin. Setelah perjalanan selama 1jam anda akan menjumpai medan yang berbatu dan landai, ini menandakan pasar bubrah sudah semakin dekat.


5. Pasar Bubrah, adalah pos terakhir untuk para pendaki yang akan melanjutkan ke puncak pada esok hari untuk melihat moment sunrise dari puncak Garuda. Bagi para pendaki yang ingin bermalam sebaiknya untuk mendirikan tenda di pasar bubrah. Lokasinya untuk mendirikan tenda di pasar bubrah lebih enak di banding mendirikan tenda di beberapa shelter pos sebelum pasar bubrah.

6. Update Februari 2016!!!. Bahwa sampai sekarang ini pendakian ke gunung merapi hanya diperbolehkan sampai pasar bubrah saja, Semua pendaki tidak diperbolehkan sampai puncak. Pihak TNGM akan memberikan sanksi pada pendaki yang nekat untuk melanjutkan sampai puncak.

Nah itu adalah jalur pendakian gunung merapi via Selo yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat membantu teman-teman yang akan mendaki gunung merapi. Selamat Mendaki.
Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar yang baik dan sopan !