Thursday 19 June 2014

lima gunung dengan jalur pendakian terindah di indonesia

Advertisement
Indonesia memiliki posisi letak geografis yang unik yaitu berada di pusat lempeng tektonik hindia-australia, lempeng eurasia dan lempeng pasifik. hal ini manjadi bermunculan gunung-gunung indah di indonesia. selain itu indonesia merupakan negara yang mempunyai gunung berapi terbanya di dunia bahkan dijuluki "Cincin Api" karena memiliki gunung berapi terbanyak. berikut 5 gunung yang menjadi gunung favorit bagi pendaki di indonesia maupun internasional

1.  Gunung Rinjani

Gunung rinjani barada di pulau lombok dengan ketinggian 3.726 mdpl , dan merupakan gunung tertinggi kedua di indonesia sekaligus sebagai puncak tertinggi di nusa tenggara dan bali. gunung rinjani memiliki danau dengan ketinggian seluas 2000 mdpl dan memiliki luas 11 juta meter persegi dengan kedalaman 230, danau ini dimamakan segara anakan. untuk mencapai puncak rinjani dibutuhkan waktu 3 hari 2 malam dengan perjalanan yang sangat berat tetapi jika sampai di puncak anda akan terbayar lunas usaha anda ketika mendaki gunung rinjani dengan suguhan pemandangan yang sangat indah.


2. Gunung Semeru

Gunung semeru barada di pulau jawa berada di perbatasan kota malang dan lumajan . ketinggian gunung semeru yaitu 3.676 mdpl , merupakan gunung tertinggi di pulau jawa. di sepanjan perjalanan mendaki gunung ini anda akan melihat pemandangan yang sangat indah, mulai dari menyusuri bukit dengan ditumbuhi penuh bunga edelweiss , cemara, padang rumput dan pinus . ranu kumbolo , sebuah danu dengan ketinggian sekiitar 2.400 mdpl dan mempunyai luas sekitar 14 ha dan  di ranu kumbolo anda bisa menyaksikan matahari terbit di sela-sela bukit  Arcopodo sebuah wilayah vegetasi terakhir di gunung semeru . jika anda telah sampai di Arcopodo sebaiknya barang bawaan anda di tinggal di sini karena anda akan melewati bukit pasir yang curam dan anda mudah terperosot. wktu yang tepat jika dari Arcopodo mendaki kepuncak mahameru pad dini hari sekitar jam 02.00 , karena jika mendaki pada siang hari gas beracun dari kawah jonggring saloka mulai berhembus .

3. Gunung Kelimutu

Gunung kelimutu berada di kepulauan florest terletak di NTT, Indonesia. Gunung kelimutu memiliki ketinggian 1.639 mdpl yang memiliki keindahan alam yang unik dengan adanya tiga danau di puncak gunung kelimutu. ketiga danau ini sering berubah warna dengan seiring berjalannya waktu. ketiga danau ini dinamakan "Tiwu" masing memiliki nama sesuai dengan warna danau. danau yang berwarna biru dinamakan "tiwu nuwa muri koo fai" , danau yang berwarna merah dinamakan "tiwu ata polo" dan danau yang berwarna putih dinamakan "tiwu ata mbupu".


4. Gunung Jayawijaya

Gunung jayawijaya terletak di papua barat, dengan ketinggian 4.800 mdpl , selain pendaki menyebutnya pegunungan jayawijaya juga dikenal pegunungan cartensz pyramide. gunung jayawijaya juga masuk dalam jajaran tujuh punjak dunia (seven summit). banyak pendaki gunung dari seluruh dunia ingin menaklukan puncak gunung jayawijaya karena gunung ini satu-satunya gunung di indonesia yang memiliki puncak bersalju. gunung ini juga merupakan surga bagi ahli geologi selain surga bagi para pendaki.

5. Gunung Kerinci

Gunung kerinci berada di provinsi jambi, gunung ini adalah gunung berapi tertinggi di indonesia yang masih aktif. gunung kerinci  memiliki panorama keindahan yang natural dengan flora dan faunanya yang banyak ditemui di dataran rendah gunung hingga puncak kerinci. jika mendaki gunung kerinci dibutuhkan waktu sekitar dua hari dimulai dari pos kersik tuo. di kawasan gunung kerinci juga ada surga tersembunyi.
Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar yang baik dan sopan !