Thursday 22 May 2014

cara mengatasi tersesat di hutan

Advertisement
Dalam artikel kali ini saya akan beritahu jika anda tersesat dalam mendaki gunung/tersesat ke dalam hutan, hal ini mungkin jarang terjadi karena di saat kita mendaki gunung pasti ada petunjuk untuk ke puncak tetapi hal ini harus anda perhatikan untuk berjaga-jaga agar ketika tersesat tidak panik, kebanyakan orang tersesat ketika mendaki gunung karena kelalaian meraka sendiri. saya sendiri menyukai mendaki gunung dan saya juga pernah mengalami tersesat tetapi saya menangani hal ini dengan cara saya sendiri, hal yang saya lakukan ketika tersesat di saat pendakian yaitu cukup mudah.hal yang di lakukan ketika kurang beruntung atau tersesat.

1. B= Berhenti sejenak tenangkan diri kita.
2. B= Berfikir , untuk mengambil keputusan, jangan panik. 
3. M= Melihat di Sekitar kita . Orperd & Ormed ( orentasi peta , Orentasi Medan ) jika membawa Peta.


Jika hari sudah mulai gelap maka sebaiknya pencarian jalur di hentikan karena jika terus menelusuri jalan akan berbahaya , lebih baik istirahat dan mendirikan tenda jika tidak bawa tenda buatlah shelter alam (bivak), jangan terlalu memaksakan untuk mencari jalan keluar ketika malam hari karena ini sangat beresiko.
lebih baik digunakan untuk istirahat dan menambah kalori dengan makan dan minum dengan perbekalan yang masih tersisa. Barulah keesokan harinya bisa melanjutkan pencarian jalurnya.

Dan yang terpenting adalah berdo'a agar diberi jalan keluar. untuk anda pendaki pemula sebaiknya ketika mendaki gunung ajaklah teman yang sudak pernah mendaki gunung agar mudah memahami bagaimana rasanya ketika mendaki gunung. terimakasih semoga bermanfaat.
Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar yang baik dan sopan !