Thursday 27 March 2014

Jalur Gunung Sumbing Via Garung

Advertisement
Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3371 mdpl, merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet 3428 mdpl. Gunung Sumbing terletak di kabupaten Wonosobo dan kabupaten Temanggung. Gunung Sumbing memiliki dua puncak yakni puncak Buntu 3362 mdpl dan puncak Kawah 3372 mdpl. Gunung Sumbing berdampingan dengan Gunung Sindoro hanya saja dipisahkan dengan jalan raya wonosobo-temanggung.

Gunung Sumbing memiliki 4 jalur untuk pendakian yakni jalur Garung, Tedeng, Cepit, Cengklok. seperti halnya Gunung-gunung di Jawa lainnya setiap, tanggal 1 suro (tahun baru jawa) dan tanggal 21 poso (bulan jawa) sudah menjadi tradisi masyarakat setempat untuk berjiarah ke puncak Gunung Sumbing. Menurut masyarakat setempat agar terhindar dari balak anak-anak dibiarkan berambut gimbal.


Jalur Pendakian
  • Pos 1 
Untuk menuju pos 1 dari bascamp dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jalanan yang landai. sebaiknya untuk pengairan anda mengambil dari bascamp terdahulu karena di pos-pos pendakian tidak ada sumber Air.
  • Pos 2
Dari pos 1 menuju pos 2 di butuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jalur yang mulai terjal dan gersang . Di pos ini anda bisa mendirikan tenda hingga 4-5 tenda dengan kapasitas 4 orang , sebaiknya anda mendirikan tenda di pos ini karena di pos pendakian selanjutnya jalanan akan semakin terjal.
  • Pos 3
Dari pos 2 menuju pos 3 dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan berjalan santai. Di pos 3 ini merupakan jalur persimpangan antara jalur lama Garung - dan jalur Tedeng. Di pos ini anda juga dapat mendirikan tenda hingga 3 tenda dengan kapasitas 4 orang.
  • Pos 4
Dari pos 3 menuju pos 4 di butuhkan waktu sekitar 30 menit, dengan jalur yang lumayan terjal dan anda juga bisa mendirikan tenda di pos 4 ini tetapi saya sarankan untuk berhati-hati karena di pos 4 ini tidak ada pepohonan untuk menghalau badai.
  • Pos 5
Menuju pos 5 anda akan menjumpai persimpangan yang akan menuju ke pos selanjutnya yaitu pos 6, sebaiknya ambil arah kiri karena jalur ini lebih mendingan daripada jalur arah kanan dengan kondisi jalan yang licin akibat erosi yang tinggi. Untuk menuju pos 5 dari pos 4 dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.
  • Pos 6
Pos 6 merupakan pos terakhir untuk menuju ke puncak. Dari pos 5 menuju pos 6 jalur semakin terjal dengan kondisi jalur yang bebatuan dan licin. Di pos ini anda juga bisa mendirikan tenda hingga 2 tenda dengan kapasitas 5 orang, dan juga di pos 6 ini sangat nyaman untuk berlindung dari badai karena berada di balik tebing berbatu. Untuk menuju pos 6 dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan jalan santai. 
  • Puncak Buntu
Berada pada ketinggian 3362 mdpl, jalur untuk menuju ke puncak kondisi jalan yang bebatuan dan terjal. Udara yang dingin, dengan kondisi jalanyang terjal membuat sulit pernapasan. Dari sini anda akan melihat indahnya pemandangan kota wonosobo dan temanggung, gunung-gunung pun juga kelihatan jika cuaca bersahabat terutama gunung Sindoro yang begitu nampak di depan mata. Untuk menuju puncak Buntu ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.
  • Puncak Kawah
Dengan ketinggian 3372, untuk menuju puncak Kawah anda harus mengelilingi jalan setapak dan disarankan untuk hati-hati.
Sekiranya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai jalur pendakian gunung sumbing via garung semoga dapat membantu kawan-kawan semua yang ingin mendaki ke Gunung Sumbing.
Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar yang baik dan sopan !